Pengertian Islamic Building
Islamic Building berasal dari kata Islamic (Islam) dan Building (Bangunan/Konstruksi). Islamic Building merupakan istilah yang digunakan guna mencover/memetakan ajaran-ajaran agama Islam, sekaligus menggali nilai-nilai yang terkandung didalamnya sebagai suatu cara pandang (perspektif) dan gaya hidup (way of life) serta tentang bagaimana aplikasinya pada ranah praksis.

Bila Islamic dimaknai sebagai perangkat nilai ajaran Islam, maka Building adalah wadah yang inheren guna mencover fondasi ajaran Islam, ruang-ruang pokok ajaran Islam serta visi-misi ajaran Islam (Islamic Windows) terhadap tema-tema keTuhanan, alam semesta dan perikehidupan manusia dengan segala aspek dan dinamikanya.

Objek Kajian Islamic Building
Sebagai suatu kajian yang integral, Islamic Building akan dikonsentrasikan pada dua visi. Pertama, Islam sebagai suatu pranata religius. Disini objek kajian akan disusun dari hal-hal yang sangat mendasar, seperti: pengertian Islam, karakteristik Islam dan kualifikasi penganutnya serta sumber-sumber hukum agama Islam. Dari hal tersebut kelak akan terlihat bagaimana konstruksi dari agama Islam dan bagaimana diferensiasinya dengan agama-agama lainnya di dunia.

Kedua, adalah Islam sebagai suatu perspektif. Tema kajian ini berangkat dari konsep al-silmi kaffah terhadap pokok-pokok ajaran Islam terhadap ranah kehidupan manusia, khususnya para penganutnya. Dengan menjadikan Islam sebagai suatu perspektif, maka Islam akan menjadi cara pandang inter-konektif yang khas terhadap aspek-aspek kehidupan manusia. Dengan aplikasi Al-Qur’an, Al-Sunnah dan Ra’yu sebagai lensa pandang maka akan mengemuka aneka klasifikasi inter-konektif holistik terhadap konsep-konsep kehidupan manusia yang bersifat empiris (duniawiyyah). Ibarat jendela dari sebuah bangunan, Islam akan digunakan sebagai suatu perspektif terhadap aneka konsep-konsep praksis manusia, seperti: sosial, budaya, pendidikan, kemanusiaan, ekonomi, politik dan tema-tema krusial populer lainnya.

DOWNLOAD SILABUS KULIAH ISLAMIC BUILDING DI SINI (KLIK)

About these ads

About Sugeng Riyadi, SE, M.S.I

Pemuda kelahiran Rimbo Bujang 23 juli 1981 ini merupakan alumni Univ. Islam Malang dan sedang meretas pendidikan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sangat mencintai Rimbo Bujang dan memiliki respek yang tinggi terhadap perjuangan Ekonomi Islam.

8 responses »

  1. aam mengatakan:

    syukron katsir pak,,,

  2. missardi mengatakan:

    tolong carikan bahan,yang judulnya TIORI-TIORI PENGENALAN ISLAM.

  3. Suwaji,S.Pd. mengatakan:

    Saya turut bangga atas keberhasilan Mas Hari menjadi penyair muda. sehingga Rimbo Bujang bisa muncul dipermukaan dengan puisi-puisinya. Kalau boleh usul pada mas hari, coba buat sebuah forum atau sanggar Puisi di Rimbo Bujang ini, seperti yang ada di Bangko. banyak lho mas, adik-adik Anda yang berbakat cipta dan baca puisi. ini sudah terlihat sejak mereka di bangku SMP. Kebetulan saya guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP N 3 Tebo, yang dulu SMPN 1 Rimbo Bujang.

    • Sugeng Riyadi Syamsudien, SE M.S.I mengatakan:

      saran menari mas, memang saat ini sedang dirintis sanggar. namun demikian masih dalam lingkup SMU 1 Rimbo Ulu. Thanks atas usulnya, Insya Allah akan ditindaklanjuti dengan mengundang teman-teman SMPN 3 Tebo untu berpartisipasi dalam event-event kepenulisan dan kesastraan. :-D

  4. ilham(stain-Ki2 sms1) mengatakan:

    ya pak q juga minta izin “nyatil”sekedar materi bpk..

    syukron katsir

  5. IMAM ABDULLAH SIDIK mengatakan:

    Maaf Pak Sugeng, saya minta ijin mengcopy materi Anda tentang Islamic Building. Soalnya saya ada tugas tentang materi Islamic Building. Salah satu referensinya saya ambil punya Anda. Terima Kasih sebelum dan sesudahnya
    ( Imam Abdullah Sidik. PAI – NR A4 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s