Tak Berkategori

Wakaf Tunai; in a Research Planning


ngok1

Sekaten tahun 2009 ini membawa berkah tersendiri bagiku, bagaimana tidak? Departemen Agama Wilayah Yogyakarta telah memberikan kemudahan tersendiri untukku dengan memberikan buku-buku terbitan 2008 Depag yang membahas seputar perwakafan. Alhamdulillah.. Aku juga mesti berterima kasih kepada Mas Firdaus yang malam itu menjaga stand Depag dan dengan ramah serta simpatik telah memberikan ‘costumer service’ yang terbaik. Thanks Depag, Jazakumullah..

Ke depan, riset tesisku yang berjudul ‘Pemberdayaan Wakaf Tunai Nahdlatul Ulama’ akan segera dirilis. Hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang fundamental; kurangnya riset yang membahas wakaf, minimnya literatur di seputar wakaf dan potensi wakaf di Indonesia yang luar biasa dan lain-lainnya. Semoga ini nantinya akan membawa berkah bagi seluruh akademisi yang berkomitmen untuk mempelajarinya ataupun bagi praktisi yang berkeinginan memperbaiki pengelolaan nadzir yang telah ada.

Di folder komputerku saat ini juga telah mendekam beberapa draf judul yang membahas di seputar ekonomi Islam, seperti: BUNGA RAMPAI DANA SOSIAL ISLAMI, KOMPILASI REGULASI MUAMALAH INDONESIA, LEMBAGA-LEMBAGA KEUANGAN ISLAMI, TEORI AKAD DALAM EKONOMI ISLAM, WAKAF TUNAI , THE KRAPYAK CODE dan yang terakhir RIMBO BUJANG DAN OPTIK MASYARAKATNYA. Doakan, semoga penulis senantiasa dianugerahi kesempatan dan kesehatan juga keselamatan oleh Allah SWT agar amal sholeh ini dapat terealisasi segera.

Mengapa harus Nahdlatul Ulama?
Nahdlatul Ulama atau yang populer dengan NU adalah salah satu jam’iyyah (organisasi Islam) yang menjadi komunitas Islam pribumi Indonesia. Kesan Indonesia akan sangat terasa apabila sudah berbaur ditengah-tengah komunitas ini. NU dalam amaliyyahnya sangat mengakomodir budaya-budaya lokal yang sesuai dengan ajaran Islam. Mungkin sahabat-sahabat Rimbo Bujang masih ingat betul bagaimana tradisi lokal yang kini mulai tergerus oleh doktrin-doktrin Islam puritan yang dengan ringan memberikan stigma syirik dan bid’ah kepada apapun selain apa yang ada pada zaman Nabi.

Tahlilan, Dzikir/wirid setelah sholat fardhu, puji-pujian sebelum masuknya sholat lima waktu, pembacaan Barzanji/perjanjen dan lainnya sesungguhnya telah mendapat tempat di dalam ajaran Islam dengan sejumlah dalil/hujjah yang rajih dan shahih. Sehingga patutlah nilai-nilai perjuangan NU yang ingin menampilkan Islam secara ramah dan ilmiah dapat menjadi inspirasi bagi kaum Muslimin wal Muslimat di kawasan Rimbo Bujang.

Premis di atas setidaknya dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi kalangan pelajar, santri dan mahasiswa Rimbo Bujang guna lebih mandiri, kreatif dan konsisten di dalam belajar dan berbakti kepada Indonesia dan Islam kita tercinta. Penulis juga menerima konsultasi para pelajar dan mahasiswa Rimbo Bujang yang mungkin memiliki kesulitan ataupun informasi di seputar beasiswa, karya tulis ilmiah, konsultasi agama maupun hal lainnya. Semoga bermanfaat, amiin.

Standar

7 thoughts on “Wakaf Tunai; in a Research Planning

  1. Sugeng Riyadi Syamsudien, SE, M.S.I berkata:

    wah..lebih baik njenengan search aja ke perpus lantai III di sana ada soft dan hardnya. Hub aja mbak yang nunggu disana, IsyaAlloh beres.😀

  2. fathurrahman berkata:

    assalam…mas..kulo ade tingknt jnenagn di KPS UIN, blh mnta file Tesis jenengen gak..sbagai koleksi, mksh..

  3. Jimmy berkata:

    Assalamu’alaikum

    Saya lagi cari literatur tentang wakaf,
    seperti nya Mas punya,bisa dishare Mas?
    ke email saya,Trims.

    Wassalam.

    • Sugeng Riyadi Syamsudien, SE, M.S.I berkata:

      panjenengan bisa menemukannya pada perpust-perpust di UIN/IAIN/Stain di kota njenengan. yang saya miliki berupa hard, buku.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s