Tak Berkategori

KORUPTOR; Potret Kusam Memalukan


stop-korupsi
Meski sejumlah kalangan mendesak supaya posisi wakil gubernur (wagub) Jambi segera diisi, menyusul vonis 4,5 tahun yang diterima Antony Zeidra Abidin (AZA) dalam kasus aliran dana BI, tidak serta merta posisinya segera diganti. Sampai kini sejumlah partai pengusung pasangan Zulkifli Nurdin dan Antony Zeidra Abidin (ZN-AZA) pada Pilkada Jambi 2005 lalu BELUM MENENTUKAN SIKAP soal pengisian posisi orang nomor dua di Jambi tersebut. Bahkan suara partai pengusung terpecah.

Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi Chairul Naim menyatakan, pihaknya belum menentukan sikap terkait vonis hukuman bagi AZA oleh hakim Tipikor. Dia beralasan, saat ini masih ada upaya hukum, selain belum memiliki kekuatan hukum tetap alias inchrat.
“Kita belum menyiapkan pengganti wagub. Nanti kalau sudah ada keputusan inchrat, baru kita ambil langkah,” kata Chairul Naim yang juga wakil ketua DPRD Provinsi Jambi.

Namun, sebagai partai pengusung pasangan ZN-AZA, dia mengakui pihaknya siap jika nanti pengganti wagub dibutuhkan. Apalagi jika wagub dengan sendirinya mengundurkan diri.
kami-tak-ingin

Ketua DPW PBB Provinsi Jambi Nasrullah Hamka mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, saat ini posisi PBB masih menerapkan sistem lihat dan menunggu alias wait and see, terutama soal kepastian hukum. Dia mengatakan, hingga kini belum ada kekuatan hukum tetap atas kasus AZA.

Jadi belum ada langkah yang diambil pihaknya. Kalaupun ada, nanti bakal mentah jika AZA mengajukan upaya hukum lebih tinggi seperti banding.
koruptor

Alasan lain, menurut PBB, proses pergantian wagub butuh waktu cukup panjang, mulai dari rapat konsolidasi antarpartai pengusung, lobi internal partai, persetujuan Gubernur, hingga lobi-lobi di DPRD Provinsi Jambi.
“Belum lagi menunggu dari Mendagri. Apa cukup dalam waktu sebulan, sedangkan masa jabatan Gubernur sudah singkat?” beber Nasrullah.

Menurutnya, jabatan wagub tak terlalu mendesak jika Gubernur masih bisa menjalankan pemerintahan dengan baik. Apalagi beberapa hari lalu Gubernur sudah membuat kabinet yang baru. “Semoga kinerjanya lebih baik,” bebernya lagi.
Terpisah, penilaian Ketua DPW Golkar Provinsi Jambi Zoerman Manap, persis sama dengan dua partai pengusung lain. PBB dan PAN. Menurutnya, soal pergantian wagub yang baru, vonis AZA harus memiliki kekuatan hukum tetap. Jika tidak, tidak bisa diproses.

Soal mundur atau tidaknya AZA, terang-terangan Zoerman menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa mendesak. Penilaiannya adalah dari sisi kemanusiaan.
tikus-berdasi
Dalam keadaan AZA yang sedang jatuh seperti ini, jika pihaknya menyodorkan surat pengunduran diri, membuat AZA sama dengan jatuh dan tertimpa tangga. Makanya Golkar sampai saat ini masih menahan langkah dan menunggu situasi yang tepat.
Namun, mengingat waktu yang kian mepet, Zoerman pesimis proses pergantian wagub Jambi bisa terlaksana. Menurutnya, batas pergantian wagub hingga Februari 2009. Lewat dari itu, wagub tidak bisa diganti.

“Sebentar lagi Februari. Saya takut tidak terkejar,” jelasnya.
Tetapi semua diserahkan ke Gubernur. Jika Gubernur memutuskan untuk mengajukan wakil, pihaknya siap memproses pergantian tersebut.

Berbeda dengan pengurus PAN, PBB, dan Golkar, Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) PNI Marheinisme Sjafril Alamsyah menegaskan, pihaknya sudah lebih dahulu menyarankan agar wagub segera diganti. Apalagi, berdasar undang-undang, menurut dia, wagub yang berhalangan selama enam bulan berturut-turut wajib diganti.

Jika tidak, berarti melanggar undang-undang. Adapun yang harus mengusulkan pergantian wagub adalah Gubernur.
“Kalau tidak diganti, Gubernur bisa dianggap melanggar undang-undang. Apalagi kita sudah mengingatkan,” beber Sjafril.
Peringatan itu sebenarnya sudah disampaikan sejak beberapa waktu lalu. Waktu itu, dengan surat resmi, dia menyarankan Gubernur agar mengganti wagub.

Mekanismenya, setelah nanti calon wagub diajukan ke DPRD, Dewan yang melakukan pemilihan siapa yang pas menduduki posisi wagub. “Tapi sayang surat kita tidak ditanggapi,” keluhnya.
bikin-malu
Sementara Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin belum bisa dimintai tanggapan. Hingga berita ini diturunkan, ZN tak bisa dihubungi. Berkali-kali dikontak via ponsel, Gubernur tak menyambut.

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id/

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s