Tak Berkategori

Terkait Wesel Instan Fiktif Rp 1,2 Miliar: Mantan Kepala Kantor Pos Rimbo Bujang Segera Disidang


JAMBI – Heru Turmanto, mantan Kepala Kantor Pos Rimbobujang, tersangka kasus penerbitan wesel pos instan fiktif senilai Rp 1,2 miliar segera menjalani persidangan. Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaratebo, telah melimpahkan berkas tersangka ke Pengadilan Negeri (PN) untuk disidangkan. Ini dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muaratebo, melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Romy, kemarin (22/8). “Berkasnya sudah kita limpahkan ke pengadilan Senin (16/8) lalu,” katanya. Meski berkas telah dilimpahkan ke pengadilan, Romy belum bisa memastikan jadwal persidangan Heru Turmanto. “Masih menunggu penetapan dari pengadilan,” jelasnya.

Saat ditanyakan apakan dalam kasus ini tersangka ada mengembalikan kerugian negara, Romy mengatakan belum ada kerugian negara yang dikembalikan Heru Turmanto. “Belum ada, saat ini tersangka juga masih ditahan,” terangnya.

Kasus ini ditangani pihak Polres Tebo. Heru Turmanto ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, karena diduga telah melakukan korupsi senilai Rp 1,2 miliar, yaitu dengan menerbitkan wesel instan fiktif. Wesel fiktif tersebut, kemudian dikirimkan kepada tiga nama berbeda, yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Hanya saja, tiga nama tersebut saat ini masih buron, dan telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Untuk diketahui, tersangka dijerat dengan dakwaan primer pasal 2 ayat (1) atau subsider pasal 3 dan pasal 8 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001. Ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara, dan denda minimal Rp 200 juta.

Sumber: Harian Independent Pos

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s