Rimbo Bujang

Sejarah Desa Rimbo Mulyo; Asal Kata Rimbo Bujang


Desa Rimbo Mulyo, atau yang lebih populer dengan sebutan Unit III disebut-sebut sebagai cikal bakal penamaan Kecamatan Rimbo Bujang. Bukan desas-desus tanpa makna, konon istilah Rimbo Bujang bermula dari Jalan Kenali atau Jalur XVIII di desa Rimbo Mulyo. Dibantaran sungai Alai pada masa awal kaum transmigrasi datang ke wilayah Rimbo Bujang ini hiduplah seorang pemuda asketis. Ia hidup sendiri. Banyak yang menduga ia beretnik Anak Dalam, suatu suku nomaden yang saat itu menguasai belantara tersebut. Namun sebenarnya bukan !.
Image and video hosting by TinyPic

Sebelum kaum transmigran berdatangan ke ujung wilayah Rimbo Bujang, saat ini menjadi sub wilayah Desa Perintis. Jalan raya Rimbo Bujang masih merupakan rerimbunan onak belukar yang sangat mengerikan untuk dilewati. Para tetua yang masih tersisa saat ini saling sepakat, pada awal sejarah Rimbo Bujang pada 1975an, daerah ini masih terdapat margasatwa liar yang bebas melenggang; ular berukuran raksasa, gajah, harimau dan siamang. Selain itu, banyak pula cerita mistik yang semakin membuat berdiri bulu roma bagi siapa saja yang mendengarkan kisah-kisah hantu yang konon banyak bergentayangan di sepanjang poros Embacang Gedang (Somel sekarang) hingga Desa Perintis, khususnya dibilangan Sungai Alai Unit III sekarang.

Hmm.. ingin kuteruskan kisah ini, namun malam telah larut.., PLN berulang kali byar pet; aku khawatir laptopku menjadi rongsokan nantinya. Kuputuskan kusambung lain waktu saja kisah di atas!.

Standar

7 thoughts on “Sejarah Desa Rimbo Mulyo; Asal Kata Rimbo Bujang

  1. Adi Jr berkata:

    kalao boleh tau mas sugeng, rimbo bujangnya daerah mana yaa,,
    saya punya kenangan dirimbo bujang di SMP negri 3 rimbo bujang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s